Penyedap Rasa

Memang tidak dipungkiri, kelezatan suatu hidangan dapat menambah gairah santap. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghasilkannya. Salah satu dengan menambahkan sedikit bahan penyedap rasa instan. Penyedap rasa instan ini mudah didapat, harganya pun murah. Sehingga sering membuat kita lupa, ada zat apa di balik penyedap makanan tersebut?

Sebenarnya kelezatan suatu hidangan tidak hanya diperoleh dari bahan penyedap rasa saja, tetapi dapat juga diperoleh dari bahan-bahan makanan yang masih segar dan bermutu baik.
Dari semua zat penting dalam makanan Glutamate merupakan salah satu komponen utama yang memberikan rasa lezat (umami flavor) pada makanan. Penyedap rasa yang banyak digunakan dewasa ini adalah Monosodium glutamat atau biasa disingkat dengan MSG dan biasa juga dipanggil dengan sebutan Mononatrium glutamat. MSG sendiri merupakan penguat rasa (flavor enhancer), bukan merupakan komponen utama yang menimbulkan flavor pada makanan.

MSG didapat dengan cara fermentasi karbohidrat yang dilakukan oleh bakteri Brevibacterium, Arthrobacter, Microbacterium, dan Corynebacterium. Sumber karbohidrat yang biasa digunakan untuk fermentasi umumnya berasal dari umbi-umbian. MSG juga kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit bila dikonsumsi berlebihan, karena sejatinya MSG hanya flavor enhancer yang seharusnya ditambahkan dalam makanan dalam jumlah yang sedikit karena hanya berfungsi untuk menguatkan rasa bukan untuk memberi rasa. (fin)

About these ads
    • jen
    • January 24th, 2011

    emang glutamat itu apa??

      • Doni Herwanto H
      • January 24th, 2011

      Glutamate adalah asam amino (amino acid) yang secara alami terdapat pada semua bahan makanan yang mengandung protein

    • jenny
    • January 24th, 2011

    lalu, MSG itu apa??

    • herwanto
    • January 24th, 2011

    zat penambah rasa pada makanan yang dibuat dari hasil fermentasi zat tepung dan tetes dari gula beet atau gula tebu

    • Kezia
    • January 29th, 2011

    Bener ga sih enzim yang dipake buat MSG itu berasal dari enzim babi ? kan katanya MSG berasal dr fermentasi karbohirat . kalau berasal dari fermentasi karbohidrat lalu apa bahayanya ?

  1. Kezia :

    Bener ga sih enzim yang dipake buat MSG itu berasal dari enzim babi ? kan katanya MSG berasal dr fermentasi karbohirat . kalau berasal dari fermentasi karbohidrat lalu apa bahayanya ?

    dari beberapa informasi yang didapat,tidak ditegaskan enzim yang digunakan itu enzim apa, IMHO karena MSG sebagian besar dibuat dari fermentasi karbohidrat maka enzim nya kemungkinan sama dengan enzim yang digunakan dalam fermentasi bir, yaitu enzim amilase yang mampu memecah pati jadi gula sederhana. Karbohidrat ini biasanya diambil dari gula bit, pati singkong, atau tetesan gula dari tebu. Sebenarnya MSG tidak berbahaya karena hanya ditambahkan sedikit saja dalam masakan. Yang berbahaya apabila mengkonsumsi lebih dari ambang batas (>5gram / hari) ambang batas konsumsi yang aman adalah 2-3gram per hari. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan hipersensitifitas yang bisa mengakibatkan penyakit yang disebut CRS yang kemungkinan munculnya 30%, pada intinya sebenarnya aman karena glutamat adalah asam amino yang terdapat secara alami dalam bahan pangan dan berakibat buruk jika konsumsi MSG nya berlebihan toh MSG hanya diperlukan dalam jumlah sedikit.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: